DISINI BUKAN HANYA TENTANG TEKHNIK INFORMATIKA TAPI BERBAGAI MACAM SEKMEN ContactPerson : 085759898986

Jumat, 09 Januari 2009

Kisah nyata

SISI hitam dunia prostitusi ternyata tak hanya milik kota-kota besar saja. Dikota dengan julukan kota santri pun faktanya dunia esek-esek kian menjamur. Nah sejauh mana liku-liku kisah para "jablay" Kota Tasik, berikut laporan koresponden Bol Tasikmalaya, Ipunk. Sengaja kami buat bersambung karena perjalanan koresponden kami itu pun sangat panjang dan berliku.
Ini kisah nyata. Dua perempuan anak baru gede (ABG) di Tasikmalaya jadi korban trafficking. Keduanya, sebut saja Sri Devi (15) dan Vinka (14), sedianya akan dibawa ke lokalisasi pelacuran Doli Surabaya. Tapi gagal karena keburu ditemukan pihak keluarga. Namun begitu, tak urung Sri Devi dan Vinka sempat melayani sejumlah pria hidung belang. Keduanya dibooking dari sebuah rumah yang diduga tempat penampungan PSK di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya milik seorang ibu rumah tangga berinisial Ny Dewi alias Mamah Wiwi (39).
Ya, kedua ABG itu terdesak ekonomi. Kegadisannya dijual seharga Rp 500 ribu kepada hidung belang. Tragisnya uang Rp 500 ribu tersebut tidak sepenuhnya masuk kantong si gadis. Ya, Mamih Wiwi (germo-red) minta jatah. Ia memotongnya. Tak tanggung-tanggung ia motong setengahnya; Rp 250 ribu. Si gadis yang keluar keringat. Mamih Wiwi ikut kecipratan.

Kedua gadis itu dijual Reni alias Teni (36), bibinya, kepada Mamih Wiwi. Dan tentunya tanpa sepengetahuan keluarga lain. Ya, keduanya yang warga Jl Cigeureung, Nagarasari, Cipedes, Kota Tasikmalaya ini lari dari rumah. Hanya bibinya yang mengetahui keberadaan mereka. Suatu hari, bapak si gadis memergoki anaknya.
Setelah ditanyai keluar pengakuan bahwa anaknya yang masih dibawah umur dipaksa menjual kegadisan dan melayani hidung belang.
Sebelumnya kedua gadis tersebut diimingi-imingi kerja di kafe dengan gaji yang menggiurkan. Karuan orang tua si gadis tak terima. Lalu lapor polisi. Dan si bibi (tante–red) serta Mamih Wiwi ditangkap polisi.
Ditemui di ruang Perlindungan Anak dan Perempuan (PPA) Satreskrim Polresta Tasikmalaya, Sri Devi terlihat kusut. Matanya sembab. Wajahnya selalu menunduk. Meski Sri Devi masih terbilang muda, tapi lekukan tubuhnya bisa membuat hidung belang menelan air liur. Tubuhnya yang dibalut kaos warna hitam ketat, dipadu kaos lengan bergaris, terlihat cukup serasi. Terlihat belahan dadanya menyembul. Sesekali gunung kembarnya ditutup tangan. Sorot matanya cukup menggoda.
Beda dengan Vinka. ABG satu ini berdandan sederhana. Bibirnya tidak berlipstik. Rambutnya yang sebahu dibiarkan menghalangi wajahnya. Meski demikian Vinka cukup manis. Ia pendiam. Yap, membuat hidung belang penasaran.
“Saya terdesak ekonomi mas,” jawab Vinka ketika ditanya BoL tentang ketertarikannya kerja di kafe.
Menurut Vinka, dirinya yang hanya tamatan SD tak tega melihat ibunya sakit-sakitan. Ya, sang ibu butuh biaya besar untuk pengobatan. Sementara Oo Suhro (48), bapaknya, hanya tukang becak. Dalam kebingungan seperti itu ia bertemu dengan Teni, bibinyaSemula Vinka ragu menceritakan kesusahannya pada Teni. Ia tidak mau membebani orang lain. Tapi Teni tanggap. Ia tahu persis keponakannya tengah kebingungan. Teni mengajaknya ngobrol. Akhirnya, Vinka luluh. Ia curhat. Kebetulan Teni pernah dengar kalau Mamah Wiwi butuh orang untuk dikerjakan di kafe. Tempatnya di Kawasan Doly, Surabaya. Sayalah yang pertama punya niatan untuk bekerja. Karena benar-benar lagi butuh uang untuk pengobatan ibu saya,” lirih Vinka. Bicaranya terhenti. Matanya berkaca-kaca.
Melihat demikian, petugas Satreskrim Polresta Tasikmalaya menganjurkan agar BoL mengajak wawancara Vinka hanya empat mata. Pasalnya di ruangan itu banyak orang. Vinka menyetujui. Ia bangkit dari tempat duduk. Jalannya pelan mengikuti BoL ke ruangan sebelah.
Ketika pantatnya mendarat di sofa, Vinka tak langsung bicara. Matanya menerawang ke jendela. “Saya ingin bantu ibu berobat. Tapi kenapa harus berakhir begini,” ucapnya lirih.
Ia melanjutkan ceritanya. Kepada Teni, Vinka mengutarakan ketertarikannya unuk bekerja di kafe. Teni menyanggupi akan menyampaikannya pada Mamah Wiwi. Pulang ke rumah Vinka sempat ragu. Ia semalaman tidak bisa tidur. Ya, Vinka harus mencari teman untuk bekerja di kafe. Akhirnya pagi-pagi sekali ia mendatangi rumah Sri Devi, teman dekatnya. Kepada Sri Devi, Vinka cerita tentang tawaran kerja di kafe. Sri Devi merengek ingin ikut. Ia juga tertarik. Maka keduanya sepakat; siap kerja.
Suatu hari Teni mempertemukan keduanya dengan Mamah Wiwi. Melihat Sri Devi dan Vinka yang masih polos, Mamah Wiwi sumringah. Ia langsung mentraktir keduanya dengan makan mie bakso. Sambil makan bakso, Mamah Wiwi menyebutkan jika keduanya bersedia bekerja di kafe akan diberi gaji Rp 30 juta perbulan.
Sebelum pemberangkatan tiba, keduanya ditampung di rumah kontrakan Mamah Wiwi. Belakangan, Sri Devi dan Vinka dapat kabar, kerja di Doly cukup beresiko. Jika sudah tidak terpakai akan dibuang begitu saja. Keduanya ketakutan. Mamah Wiwi, kemudian memanfaatkan situasi ini. Dia menjual kegadisan kedua ABG ini kepada hidung belang. Jika menolak, Mamah Wiwi dan Teni menakut-nakuti. Katanya kalau keduanya pulang ke rumah akan dibunuh oleh keluarga. Dan awak sopir Angkot akan menggundulinya. Karena takut, pasrah lah keduanya

selengkapnya......

Informasi Certificate

DIREKTUR JENDERAL APLIKASI TELEMATIKA

Pertumbuhan internet dan pemanfaatan internet sebagai media bertransaksi telah berkembang cepat, baik di negara-negara maju maupun negara-negara berkembang seperti Indonesia. Melalui internet masyarakat dapat melakukan transaksi tanpa harus terikat dengan batas geografis maupun sekat waktu. Kenyamanan ini mendorong timbulnya tarikan yang kuat untuk memanfaatkan modalitas transaksi informasi melalui internet bagi keperluan melaksanakan transaksi bisnis dan pelayanan publik yang dikenal sebagai e-Commerce dan e-Government .

Di dalam pelaksanaan transaksi melalui internet diperlukan Sertifikat Digital yang dapat menjamin keamanan dalam bertransaksi, sehingga dapat menimbulkan rasa aman bagi pihak-pihak yang melaksanakan transaksi. Dalam hal ini keberadaan Certification Authority (CA) penting untuk membangun kepercayaan melalui pelaksanaan otentifikasi terhadap identitas para pihak yang terlibat dalam transaksi secara online dan menyajikan bukti tentang pengiriman berbagai pesan melalui internet dan melakukan verifikasi terhadap integritas informasi yang dipertukarkan. Mengingat perkembangan internet yang demikian pesat, maka keberadaan CA dan mekanisme kerjanya perlu diatur dalam suatu pedoman untuk menjamin kepastian hukum dan menjaga fungsi kepercayaan dari institusi dimaksud.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan kepastian bisnis bagi dunia usaha untuk mengembangkan bisnis CA, diterbitkan Pedoman Penyelenggaraan CA di Indonesia. Pedoman tersebut menjelaskan pengorganisasian pengelolaan CA, pengawasan penyelenggaraan CA, pengamanan penggunaan CA pada transaksi elektronik, pengamanan infrastruktur untuk pengelolaan CA dan peran pemerintah untuk memberikan kepastian hukum dan melindungi kepentingan masyarakat dari risiko perbuatan CA yang tidak bertanggung jawab. Pedoman tersebut merupakan kebijakan pemerintah untuk mewajibkan semua pengguna layanan transaksi elektronik untuk menggunakan tanda tangan digital.

www.depkominfo.co.id

selengkapnya......

Ilmu Informasi

Informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer.

Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris.

Dalam pendefenisian istilah informatika , menurut Philippe Dreyfus (1962) dan l'Academie Francaise (1967) yang mendefenisikan informatika tersebut sebagai berikut:

Kumpulan Disiplin Ilmu (scientific discipline) dan Disiplin Teknik (engineering discipline) yang secara spesifik menyangkut transformasi/ pengolahan dari "Fakta Simbolik" (data/informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis/komputer.

Dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.

Jika dilihat secara menyeluruh dari pengertian informatika di atas, pendekatan logika dan sistematika merupakan ciri yang cukup dominan dari Informatika ini, mengingat pendekatan tersebut merupakan kunci dalam hal mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Pada prinsipnya keilmuan ini lebih menekankan bagaimana suatu data dan informasi dapat diolah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi .

Teknologi yang terautomatisasi tersebut tidak hanya dalam satu mesin , namun bisa melibatkan beberapa mesin. Mesin ini lebih umum disebut dengan komputer. Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.

Ilmu Komputer

Secara umum, Ilmu Komputer yang lebih dikenal dengan nama Komputer Sains (Computer Science, CS) adalah ilmu yang mempelajari tentang komputasi , baik perangkat keras (hardware ) maupun perangkat lunak (software ). Ilmu komputer mencakup beragam topik berkaitan dengan komputer, dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman , perangkat lunak, dan perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer berbeda dengan pemrograman komputer, rekayasa perangkat lunak dan teknik komputer, sekalipun ketiga istilah tersebut sering disalahartikan.

Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalah hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini terkadang dianggap sebagai pronsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing , karena seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya praktikal (seperti paralel dan kuantum) dan beberapa diantaranya cukup teoritis (seperti random and oracle).

Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh program, dan apa yang tidak (komputasi dan intelegensia buatan ), bagaimana program harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data ), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

Ilmu komputer berakar dari elektronika , matematika dan linguistik . Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer. Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award , pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.
By: www.ginanjarcakepbanget.co.cc

selengkapnya......

Rabu, 07 Januari 2009

Tekhnik memurtadadtan Islam

da dua cara untuk memasuki medan peperangan Kristiani. Yang pertama dengan memagari diri kita sendiri dengan penghalang-penghalang yang terdiri dari peraturan dan disiplin. Inilah cara yang negatif. Cara yang lain ialah dengan mengisi dirikita dengan hal-hal yang baik dan indah sehingga kejahatan tidak menarik lagi bagi kita. Inilah cara yang positif.

Cerita Yunani purbakala mengenai Ulysses, Orpheus, dan Pulau-pulau Sirens memberikan sebuah ilustrasi tentang cara yang disebut diatas. Pada waktu Ulysses mendekati pulau yang berbahaya itu, ia memerintahkan supaya kepung pelaut-pelaut yang dipimpinnya itu ditutupi dengan lilin, lalu ia mengikat diri sendiri ke tiang layar supaya ia tidak bisa dikalahkan oleh suara nyanyian pulau Sirens yang bisamembuat itu, ia tidak peduli. Ia duduk dengan tenang diatas dek dan tidak mempedulikan lagu-lagu pulau Sirens itu. KARENA IA SENDIRI ADALAH MUSIKUS YANG LEBIH BAIK DARI MEREKA. Ia bisa memainkan musik yang jauh lebih baik sari musik pulau Sirens itu, sehingga lagu-lagu mereka itu tidak berkuasa untuk menaklukkan dia. Ulysses dibentengi dari luar. Orheus dibentengi dari dalam.

Alkitab menyarankan cara positif untuk mengalahkan pencobaan. JANGANLAH KAMU KALAH TERHADAP KEJAHATAN, TETAPI KALAHKANLAH KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN. (Rom 12:21). Prinsip Alkitab yang positif ini ditekankan secara lebih luas lagi dalan efesus 6:10-18, dimana kita diajak untuk KENAKANLAH SELURUH PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH.

Ada tujuh potong perlengkapan senjata ajaib ini. Setiap potong perlu kita pelajari, dan kita diajak untuk memakai perlengkapan senjata seluruhnya. Kitalah yang harus mulai memprakarsainya. Perlengkapan senjata itu tidak akan dipakai secara paksa jika kita tidak mau. Tidak datang sendiri kepada kita.

BERIKAT PINGGANG KEBENARAN.

Ikat pinggang atau pakaian yang dibuat dari kulit, dilapisi dengan logam, dikenakan oleh tentara Roma pada zaman Paulus. Pakanian ini memberi kebebasan bergerak tetapi memberi perlindungan pada perut dan paha. Untuk Rasul Paulus, Kebenaran Allah senada dengan ikat pinggang yang memberi perlindungan. Kebenaran terdapat dalam firman Allah. Ini berarti bahwa pengetahuan Alkitab tangan pertama dan yang mendalam adalah perlengkapan senjata yang melindungi terhadap kejahatan. Maka perlu bagi kita untuk membuat kebenaran itu menjadi milik kita denga cara mempelajarinya secara pribadi. Kebenaran yang hanya dijamah sesekali, atau yang terpisah dari kita, tidak memberi perlindungan. Kebenaran akan menjadi perlengkapan senjata yang berguna hanya kalau diizinkan memasuki jiwa dengan iman pribadi dan dengan mempelajarinya secara berkesinambungan.

BAJU ZIRAH KEADILAN (ayat 14)

selengkapnya......

Bahasa Pemograman

Di dunia nyata tentunya Anda sudah mengetahui, atau setidaknya mendengar bagaimana kartu kredit telah diterima secara luas di masyarakat. Berbagai toko, dan penyedia layanan jasa telah menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Saat ini di dunia maya (Internet), pembayaran dengan kartu kredit juga sudah mulai diterima secara luas. Berbagai kejahatan telah sering dilakukan dengan penggunaan kartu kredit ini, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Namun di artikel ini saya tidak akan membahas mengenai keamanan kartu kredit, saya hanya membahas suatu hal kecil yang disebut sebagai pengecekan digit pada kartu kredit. Hal ini memang cukup kecil, namun patut diketahui oleh semua orang.

Dalam proses pembayaran di Internet dengan menggunakan kartu kredit, ada suatu proses yang sangat diperlukan yaitu authentication, hal ini merupakan proses untuk membuktikan bahwa nomor kartu kredit yang dimasukkan adalah benar, dan yang memasukkan adalah orang yang berhak untuk menggunakan kartu itu. Hal ini tampaknya mudah dilakukan, sebuah program bisa langsung dihubungkan ke server bank dan bisa langsung diperiksa, tapi hal ini tentunya cukup menyita waktu, bagaimana jika nomor kartu yang dimasukkan ternyata salah ketik?, segala koneksi ke server bank, segala pencarian data dan lain-lainnya tentunya akan sia-sia.

Untuk (sedikit) memecahkan masalah di atas, nomor kartu kredit telah dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan dilakukannya pengecekan awal sebelum sebuah nomor diperiksa melalui bank yang bersangkutan. Pengecekan ini adalah pengecekan kombinasi digit yang lazim dikenal dengan nama algoritma cek digit. Algoritma cek digit yang dipakai di kartu kredit adalah algoritma cek digit Luhn (Luhn check digit algorithm).

Algoritma Cek Digit Luhn

Algoritma cek digit merupakan suatu algoritma yang digunakan untuk mengecek validitas suatu angka berdasarkan digit-digit yang membentuknya. Salah satu aplikasi sangat umum yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah proses pemasukan data barang belanjaan yang kita beli di supermarket yang kecil (yang masih menggunakan input manual, tidak menggunakan bar code reader). Mungkin kadang-kadang Anda melihat kasir kadang-kadang salah memasukan data sehingga muncul sedikit pesan kesalahan dan kemudian dia mengetik ulang kembali kode barang yang tercantum di barang. Pernahkah Anda berpikir bagaimana komputer bisa tahu bahwa nomor tersebut salah?. Jawabnya adalah dengan menggunakan cek digit, biasanya digit terakhir dari kode barang itu merupakan hasil operasi matematis terhadap digit-digit sebelumnya, sehingga jika ada kesalahan input langsung terdeteksi, misalnya kode barang adalah 98876768532 tetapi yang dimasukkan adalah 98876768533 komputer akan menganggap data ini salah. Andaikan cek digit ini tidak ada, dan setiap kode barang dibuat urut, komputer akan menganggap benar semua data yang dimasukkan, mungkin akan tercantum Anda membeli sebatang coklat Silver Queen padahal yang Anda beli adalah coklat merek lain.

Untuk algoritma cek digit Luhn, sebenarnya saya kurang mengerti sejarah cek digit dengan algoritma ini, tapi algoritma ini dipakai oleh semua bank besar yang mengeluarkan kartu kredit (Visa, MasterCard, Amex, Novus, dan mungkin masih banyak yang lain). Algoritma cek digit ini juga dipakai di kartu-kartu ATM, setidaknya yang sudah saya perhatikan kartu ATM Bank BNI dan BII sepertinya bank yang lain juga menggunakan cara ini. Ketika pihak Telkom memperkenalkan TeCC (Telkom Calling Card), algoritma ini juga dipakai.

Metode cek digit ini sebenarnya sederhana, hanya perlu tiga langkah untuk membuktikan apakah suatu kartu memenuhi algoritma cek digit Luhn, untuk kartu dengan jumlah digit genap (mis Visa [16 digit], MasterCard[16 digit], dan Novus[16 digit]) caranya sebagai berikut :

  1. untuk setiap digit pada posisi yang ganjil (saya menghitung digit mulai dari kiri dengan yang paling kiri adalah digit ke-1), kalikan nilainya dengan dua, jika hasilnya lebih dari 9, kurangi hasilnya dengan 9. Jumlahkan semua angka yang telah didapat itu.
  2. untuk setiap digit pada posisi genap, jumlahkan semua nilainya dan tambahkan hasilnya dengan hasil langkah pertama.
  3. jika hasil pada langkah kedua habis dibagi 10, berarti nomor kartu tersebut sah.

Mudah bukan?, untuk kartu dengan jumlah digit yang ganjil (misalnya Visa [13 digit], Amex [15 digit]) caranya sama, hanya saja pada langkah pertama yang dikalikan adalah digit pada posisi genap, dan pada langkah kedua yang dijumlahkan adalah digit pada posisi ganjil.

selengkapnya......

Selasa, 06 Januari 2009

penjajakan cinta yang positif

Gimana sich sebenernya pacaran itu, enak ngga' ya? Bahaya ngga' ya ? Apa bener pacaran itu harus kita lakukan kalo mo nyari pasangan hidup kita ? Apa memang bener ada pacaran yang Islami itu, dan bagaimana kita menyikapi hal itu?

Memiliki rasa cinta adalah fitrah

Ketika hati udah terkena panah asmara, terjangkit virus cinta, akibatnya...... dahsyat man...... yang diinget cuma si dia, pengen selalu berdua, akan makan inget si dia, waktu tidur mimpi si dia. Bahkan orang yang lagi fall in love itu rela ngorbanin apa aja demi cinta, rela ngelakuin apa aja demi cinta, semua dilakukan agar si dia tambah cinta. Sampe' akhirnya....... pacaran yuk. Cinta pun tambah terpupuk, hati penuh dengan bunga. Yang gawat lagi, karena pengen bukti'in cinta, bisa buat perut buncit (hamil). Karena cinta diputusin bisa minum baygon. Karena cinta ditolak .... dukun pun ikut bertindak.



Sebenarnya manusia secara fitrah diberi potensi kehidupan yang sama, dimana potensi itu yang kemudian selalu mendorong manusia melakukan kegiatan dan menuntut pemuasan. Potensi ini sendiri bisa kita kenal dalam dua bentuk. Pertama, yang menuntut adanya pemenuhan yang sifatnya pasti, kalo ngga' terpenuhi manusia bakalan binasa. Inilah yang disebut kebutuhan jasmani (haajatul 'udwiyah), seperti kebutuhan makan, minum, tidur, bernafas, buang hajat de el el. Kedua, yang menuntut adanya pemenuhan aja, tapi kalo' kagak terpenuhi manusia ngga' bakalan mati, cuman bakal gelisah (ngga' tenang) sampe' terpenuhinya tuntutan tersebut, yang disebut naluri atau keinginan (gharizah). Kemudian naluri ini di bagi menjadi 3 macam yang penting yaitu :
Gharizatul baqa' (naluri untuk mempertahankan diri) misalnya rasa takut, cinta harta, cinta pada kedudukan, pengen diakui, de el el.
Gharizatut tadayyun (naluri untuk mensucikan sesuatu/ naluri beragama) yaitu kecenderungan manusia untuk melakukan penyembahan/ beragama kepada sesuatu yang layak untuk disembah.
Gharizatun nau' (naluri untuk mengembangkan dan melestarikan jenisnya) manivestasinya bisa berupa rasa sayang kita kepada ibu, temen, sodara, kebutuhan untuk disayangi dan menyayangi kepada lawan jenis.

Pacaran dalam perspektif islam

In fact, pacaran merupakan wadah antara dua insan yang kasmaran, dimana sering cubit-cubitan, pandang-pandangan, pegang-pegangan, raba-rabaan sampai pergaulan ilegal (seks). Islam sudah jelas menyatakan: "Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (Q. S. Al Isra' : 32)

Seringkali sewaktu lagi pacaran banyak aktivitas laen yang hukumnya wajib maupun sunnah jadi terlupakan. Sampe-sampe sewaktu sholat sempat teringat si do'i. Pokoknya aktivitas pacaran itu dekat banget dengan zina. So....kesimpulannya PACARAN ITU HARAM HUKUMNYA, and kagak ada legitimasi Islam buatnya, adapun beribu atau berjuta alasan tetep aja pacaran itu haram.

Adapun resep nabi yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud: "Wahai generasi muda, barang siapa di antara kalian telah mampu seta berkeinginan menikah. Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan pandangan mata dan memelihara kemaluan. Dan barang siapa diantara kalian belum mampu, maka hendaklah berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penghalang untuk melawan gejolak nafsu."(HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majjah, dan Tirmidzi).

Jangan suka mojok atau berduaan ditempat yang sepi, karena yang ketiga adalah syaiton. Seperti sabda nabi: "Janganlah seorang laki-laki dan wanita berkhalwat (berduaan di tempat sepi), sebab syaiton menemaninya, janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan wanita, kecuali disertai dengan mahramnya." (HR. Imam Bukhari Muslim).

Dan untuk para muslimah jangan lupa untuk menutup aurotnya agar tidak merangsang para lelaki. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya." (Q. S. An Nuur : 31).

Dan juga sabda Nabi: "Hendaklah kita benar-benar memejakamkan mata dan memelihara kemaluan, atau benar-benar Allah akan menutup rapat matamu."(HR. Thabrany).

Yang perlu di ingat bahwa jodoh merupakan QADLA' (ketentuan) Allah, dimana manusia ngga' punya andil nentuin sama sekali, manusia cuman dapat berusaha mencari jodoh yang baik menurut Islam. Tercantum dalam Al Qur'an: "Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)."
Wallahu A'lam bish-Showab

selengkapnya......

penelitian kromosom

Kromosom merupakan molekul asam nukleat yang tersusun dari molekul DNA (mengandung sejumlah gen) yang tergabung dengan protein tertentu (bukan histon, pada makhluk hidup prokariot) atau bergabung dengan protein histon (pada makhluk hidup eukariot) dan memiliki kemampuan untuk melakukan replikasi sendiri. (Corebima, 1994). Pada sel-sel eukariot, selain ditemukan di dalam inti, kromosom juga ditemukan di dalam organel tertentu, misalnya kloroplas (tumbuhan) dan mitokondria. Struktur kromosom di dalam mitokondria makhluk hidup apapun berupa molekul DNA unting ganda yang melilit dan tidak berasosiasi dengan protein-protein semacam histon atau berupa molekul DNA unting DNA yang telanjang (Corebima, 1994). Berbeda dengan kromosom di dalam mitokondria, kromosom di dalam inti sel eukariot merupakan nucleoprotein yang terdiri dari DNA unting ganda yang berasosiasi dengan protein histon, protein non histon bahkan RNA (Gardner, 1991).
Beberapa sel dari larva insekta tetentu mempunyai kromosom raksasa. Contoh insekta yang

memiliki kromosom raksasa adalah Drosophila melanogaster. Koromosom raksasa ini terdapat dalam sel kelenjar ludahnya (Kimball, 1990). Kromosom ini disebut kromosom raksasa karena sesungguhnya kromosom ini adalah kromosom interfase yang memiliki ukuran lebih panjang daripada kromosom metaphase sehingga kromosom ini dapat dilihat (pada fase interfase) dimana pada kondisi tersebut semua kromosom lain tidak terlihat. Kromosom raksasa dibentuk oleh peristiwa endomitosis, yaitu suatu replikasi yang menghasilkan banyak kromosom yang tidak terpisah satu dengan yang lain. Struktur kromosom raksasa ini tersusun atas pita terang dan pita gelap. Pita terang mengandung eukromatin dengan lilitan yang renggang sedangkan pita gelap mengandung heterokromatin dengan lilitan yang padat, mengalami kondensasi, dan berperan aktif dalam pembelahan. DNA umumnya terdapat pada pita-pita yang gelap (Kimball, 1990). Kromosom raksasa ini merupakan hasil duplikasi berulang-ulang dari kromosom tanpa disertai pembelahan sel. Duplikat-duplikat homolog ini baik paternal maupun maternal, terletak berdampingan secara sempurna, sehingga menghasilkan bentukan menyerupai kabel yang berserabut banyak. Pada kelenjar ludah Drosophila melanogaster setiap kromosom raksasa merupakan hasil sembilan siklus replikasi. Kromosom raksasa yang terdapat pada kelenjar ludah Drosophila melanogaster ini umumnya menyerupai kromosom raksasa dalam jaringan lainnya tetapi memiliki lokasi gembungan yang berbeda-beda.

Alat dan BahanAlat: Bahan:
1. Mikroskop cahaya 1. larva Drosopila melanogaster
2. Gelas arloji 2. larutan NaCl 0,9%
3. Objek glass 3. Larutan FAA
4. Cover glass 4. Acetocarmin
5. Pipet
6. Jarum pentul

Prosedur Kerja
1. Memilih larva Drosopila melanogaster instar 3
2. Meletakkan larva pada gelas arloji dan diberi larutan NaCl 0,9%
3. Menentukan bagian kepala, ekor, dan leher larva
4. Meletakkan larva pada kaca benda dan diamati dibawah mikroskop
5. Memisahkan bagian kepala dengan ekor, dengan cara meletakkan jarum pentul pada bagian kepala dan leher kemudian menariknya hingga terputus
6. Mencari salivary glands (kelenjar ludah) yang memiliki bentukan seperti ginjal dengan warna transparan
7. Memisahkan salivary glands yang telah ditemukan dari lemak-lemak yang menempel
8. Menetesi salivary glands yang sudah ditemukan dengan FAA secukupnya, sampai warna salivary glands berubah menjadi keruh
9. Membersihkan sisa FAA dengan cara menghisapnya dengan kertas hisap, lalu ditetesi dengan acetocarmin
10. Menutup preparat dengan kaca penutup, dan mengamati di bawah mikroskop
11. Mencari kromosom raksasa pada preparat yang sudah dibuat, dan menggambarnya

Analisis Data
Pengamatan kali ini bertujuan untuk mengamati kromosom raksasa pada Drosophila melanogaster. Untuk mendapatkan kromosom raksasa ini perlu didapatkan terlebih dahulu kelenjar ludah larva instar 3 Drosophila melanogaster. Kelenjar ludah ini terletak di daerah antara kepala dengan leher. Warna kelenjar ludah adalah transparan dan akan berubah menjadi keruh saat ditetesi larutan fiksatif FAA. Kelenjar ludah Drosophila melanogaster berjumlah sepasang dengan bentuk seperti ginjal. Sebelum diamati, terlebih dahulu kelenjar ludah yang telah didapatkan ditetesi dengan acetocarmin. Pemberian acetocarmin ini bertujuan untuk memberikan pewarnaan pada kromosom sehingga kromosom lebih mudah diamati. Kromosom raksasa yang ditemukan berwarna transparan dengan suatu cirri yang khas yang mudah dikenali, yaitu terdapat garis-garis pita gelap dan terang berseling teratur. Dengan perbesaran mikroskop lemah, kromosom ini sudah dapat diamati dengan cukup jelas.

Pembahasan
Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data dapat diketahui bahwa kromosom raksasa yang ditemukan pada kelenjar ludah Drosophila melanogaster memiliki bentukan yang besar dan panjang. Berbeda dengan kromosom biasa, kromosom raksasa ini dapat diamati pada mikroskop dengan perbesaran lemah. Secara umum, kromosom raksasa ini sama dengan kromosom biasa, salah satu perbedaan terletak pada proses terbentuknya. Menurut Gardner (1991), kromosom raksasa yang terdapat pada kelenjar ludah Drosophila melanogaster terbentuk karena proses endomitosis dimana strand kromosom mereplikasi terus menerus tanpa terjadi pembelahan inti. Proses endomitosis menghasilkan bentukan kromosom yang besar dan panjang seperti pita, atau yang biasa disebut kromosom polytene. Dalam www.ceolas.org disebutkan bahwa kromosom dalam kelenjar ludah Drosophila melanogaster membelah beberapa kali tetapi masing-masing strand tidak membelah. Strand-strand tersebut tetap menempel antara satu dengan yang lain. Dengan kata lain, kromosom raksasa ini memiliki banyak copy gen yang tidak memisah antara satu dengan yang lain, sehingga di dalam satu sel terdapat kopian informasi dari beberapa gen di dalam kromosom. Namun saat terjadi endoreplikasi yang berulang-ulang pada kromosom, ada bagian yang tidak ikut membelah dengan maksimal, yakni daerah sentromer. Sebagai hasilnya, sentromer kromosom tergabung bersama-sama menjadi bentukan padat yang dinamakan sentrosenter.
Ciri khas dari kromosom raksasa adalah terdapat garis-garis pita gelap dan pita terang yang tersusun teratur berselang-seling. Menurut Kimball (1990), pita terang pada kromosom raksasa ini merupakan eukromatin dengan lilitan renggang. Sedangkan pita gelap merupakan heterokromatin dengan lilitan yang padat dan dapat mengalami kondensasi. DNA umumnya terdapat pada pita-pita yang gelap. Bagian yang berperan aktif dalam pembelahan adalah bagian pada pita gelap. Jumlah pita pada kromosom raksasa dapat digolongkan menjadi 537 pita untuk kromosom X, 1032 pita pada kromosom kedua, 1047 pita pada kromosom ketiga, dan 34 pita pada kromosom keempat. Sehingga total pita adalah 2650 untuk satu genome. Pada beberapa penelitian lain disebutkan bahwa jumlah pitanya adalah 3286.
Kromosom raksasa biasanya ditemukan pada stadium larva. Hal ini dapat dimengerti karena dengan adanya replikasi kromosom yang berulang-ulang (untuk membentuk kromosom raksasa) ini akan menguntungkan bagi larva yang sedang tumbuh dengan cepat daripada jika sel tersebut tetap diploid. Pembentukan kromosom raksasa tidak hanya terjadi pada kelenjar ludah larva prepupa Drosophila melanogaster tetapi juga terjadi pada sel-sel perawat pada ovarium, sel folikel yang mengelilingi oosit, sel-sel lemak, sel usus dan histoblas abdominal. Jadi selain pada kelenjar ludah, kromosom raksasa juga ditemukan pada sel-sel tersebut. Perbedaannya adalah pada letak penggembungan.
Seperti halnya kromosom biasa lainnya, kromosom raksasa ini juga berfungsi untuk mengatur kegiatan metabolisme di dalam sel dan mengatur semua sistem kerja di dalam sel tersebut.

Diskusi
1. Mengapa kromosom pada Drosopila melanogaster disebut kromosom raksasa? Bagaimana proses terbentuknya?
Kromosom ini disebut sebagai kromosom raksasa atau giant cromosome karena ukuran fase interfase kromosom tersebut lebih panjang daripada kromosom pada masa metaphase sehingga kromosom ini dapat dilihat (pada fase interfase) dimana pada kondisi tersebut semua kromosom lain tidak terlihat.
Kromosom raksasa dibentuk oleh peristiwa endomitosis, yaitu suatu replikasi yang menghasilkan banyak kromosom yang tidak terpisah satu dengan yang lain.
2. Pada instar keberapa Drosopila melanogaster yang digunakan? Kenapa?
Drosopila melanogaster yang digunakan berada dalam instar 3, karena pada instar ini kromosom raksasa dapat diamati secara maksimal.
3. Bagaimana struktur kromosom raksasa? Lengkapi dengan gambar!
Pada dasarnya struktur kromosom raksasa tidak berbeda dengan kromosom biasa, perbedaannya hanyalah pada ukurannya yang jauh lebuh besar. Hal ini dikarenakan peristiwa endomitosis. Ciri khas dari kromosom raksasa adalah terdapat garis-garis pita gelap dan pita terang yang tersusun teratur berselang-seling.

4. Apa makna pita gelap dan pita terang pada kromosom raksasa dipandang dari struktur dan fungsinya?
Menurut Kimball (1990), pita terang pada kromosom raksasa ini merupakan eukromatin dengan lilitan renggang. Sedangkan pita gelap merupakan heterokromatin dengan lilitan yang padat dan dapat mengalami kondensasi.
5. Apa fungsi larutan:
NaCl 0.9%
Larutan NaCl 0,9% berfungsi untuk menjaga keadaan preparat agar tetap segar, sebagaimana kita ketahui bahwa larutan NaCl bersifat isotonis dengan cairan tubuh.
Larutan fiksatif (FAA)
Larutan FAA berfungsi untuk menghentikan aktifitas pembelahan dan mempertahankan keadaan sel seperti saat membelah.
Acetocarmin
Larutan Acetokarmin berfungsi sebagai pemberi warna pada kromosom, sehingga kromosom dapat dengan mudah diamati.
6. Apakah fungsi kromosom raksasa sama dengan fungsi kromosom biasa?
Secara umum fungsi dari kromosom raksasa tetap sama dengan kromosom pada umumnya, yang membedakan antara keduanya hanyalah strukturnya yang disebabkan oleh proses pembenukannya.
7. Selain pada kelenjar ludah pada jaringan mana saja dapat ditemukan kromosom raksasa?
Selain pada kelenjar ludah Drosopila melanogaster kita juga dapat menemukan kromosom raksasa ini pada sel-sel perawat pada ovarium, sel folikel yang mengelilingi oosit, sel-sel lemak, sel usus dan histoblas abdominal.

KESIMPULAN
Kromosom raksasa memiliki ukuran yang besar dan panjang dibandingkan kromosom yang lain, dengan cirri khas berupa garis-garis pita gelap dan terang yang berseling teratur. Kromosom ini terdapat pada kelenjar ludah Drosophila melanogaster.

selengkapnya......

Individu Calon Kepala Daerah

Selama ini mekanisme pemilihan kepala daerah baik bupati, walikota, maupun gubernur dilakukan melalui pemilihan yang dilakukan oleh wakil-wakil rakyat yang duduk di DPRD. Dengan hadirnya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah maka mekanisme pemilihan kepala daerah sekarang ini menjadi berbeda. Yang memilih bukan lagi wakil rakyat yang duduk di DPRD, melainkan rakyat yang akan secara langsung memilih siapa yang menjadi kepala daerah. Namun demikian, apakah hasilnya nanti juga akan berbeda? Mungkin sekali tidak jika masyarakat tidak cerdas dalam menjatuhkan pilihannya kepada figur yang tepat. Lagi pula perilaku partai politik yang memiliki privelese untuk mengusulkan calon pasangan kepala daerah tampaknya belum beranjak jauh dari paradigma lama.

Kecenderungan para elite partai politik memanfaatkan privelese politik yang dimilikinya untuk kepentingan pribadi atau golongannya sering kali memicu terjadinya money politic berupa beli kandidat (vote candidacy) baik antar partai politik maupun antara parpol dengan tokoh yang ingin maju dalam bursa Pilkada. Akhirnya integritas, kredibilitas dan kapabilitas calon terkadang menjadi dikesampingkan, yang terpenting adalah tercapainya kesepakatan “harga”. Akibatnya seringkali masyarakat kemudian dihadapkan pada kenyataan bahwa figur-figur yang muncul tidak memiliki integritas dan akseptabilitas publik meski sekarang ada angin segar untuk mendapatkan pemimpin yang memiliki integritas, kredibilitas, kapabilitas dan akseptabilitas dari luar partai politik dengan telah ditetapkannya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 sebagai revisi atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang memberi peluang bagi berkiprahnya calon independen dalam Pilkada.

Meskipun peran partai politik masih sangat besar dalam menentukan figur calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, namun pada Pilkada Kota Palangka Raya Tahun 2008 ini masyarakat masih mempunyai kesempatan untuk menentukan sosok terbaik yang layak memimpin Palangka Raya lima tahun ke depan, meski mungkin harus minus malum. Pada saat pemungutan suara tanggal 10 Juli 2008 mendatang loyalitas pemilih tradisional parpol pada Pemilu legislatif bias jadi menurun. Hal ini becermin dari pengalaman Pilpres 2004 dan Pilkada pada beberapa daerah di Indonesia seperti pemilihan Gubernur Jawa Barat, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Hulu Sungai Selatan dan banyak lagi dimana para pemilih tradisional ternyata tidak memilih calon yang diusung oleh partai politik yang mereka pilih pada saat Pemilu legislatif. Mengapa demikian? Hal ini tidak lain karena pemilihan pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah nanti lebih kental dengan nuansa personalisasi politik.

Personalisasi politik ini berkaitan dengan popularitas dan atraktivitas serta akseptabilitas pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Artinya Pilkada akan sangat dipengaruhi oleh citra calon dimata masyarakat daripada oleh kampanye visi, misi, dan program yang ditawarkan oleh tim kampanye (jurkam). Dengan demikian, partai politik mana yang mengusung calon menjadi tidak terlalu memiliki signifikansi dalam menentukan pasangan mana yang bakal menang. Oleh karena itu mungkin saja calon yang diusung oleh partai politik yang perolehan suaranya pada Pemilu legislatif relatif kecil yang menjadi pemenang dan sebaliknya, calon dari partai yang perolehan suaranya relatif lebih besar atau pemenang Pemilu legislatif justru mengalami kekalahan.

Personalisasi politik pada dasarnya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi selama pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam usahanya membangun opini dan simpati publik tidak dilakukan melalui cara-cara yang kotor seperti kampanye negatif (black campaign) maupun pembunuhan karakter pasangan lain (caracter assasination). Personalisasi politik itu sendiri sebenarnya tidak lepas dari peran strategis media dalam membentuk opini publik atau pilihan rakyat. Pengungkapan skandal politik oleh media massa, pemberitaan tentang konflik elite politik suatu partai dan lain sebagainya akan berpengaruh terhadap citra diri partai dan pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mereka usung.

Peran strategis media ini disadari betul oleh tokoh-tokoh politik ataupun pasangan-pasangan kepala daerah sehingga mereka menggunakannya sebagai sarana untuk berlomba-lomba membuat posisi dirinya semakin signifikan dimata publik, Ada banyak hal yang bias mereka lakukan untuk membangun citra diri mereka positif dimata publik seperti dengan ikut-ikutan polling bahkan tidak sedikit yang menyewa pollster. Asumsi yang dipakai untuk ikut atau bahkan menyewa pollster adalah orang akan berpikiran bahwa jika menurut poling banyak orang memilih si X, maka suara yang saya berikan untuk si Y nanti akan sia-sia. Jadi lebih baik ikut-ikutan memilih si X saja. Inilah yang disebut sebagai mobilisasi opini publik. Personalisasi politik ini terbukti efektif dalam Pilpres tahun 2004 dimana SBY terpilih sebagai presiden pilihan rakyat setelah sebelumnya dianggap berakting layaknya opera sabun.

Upaya lain yang juga sering dilakukan oleh tokoh politik yang akan maju dalam Pilkada atau para calon kepala daerah yaitu dengan mempublikasikan berbagai kegiatan sosial maupun kemanusian yang mereka lakukan melalui berbagai media massa baik cetak maupun elektronik sebagai simbol simpati dan kepedulian mereka terhadap masyarakat khususnya yang ada di pedesaan atau masyarakat pinggiran yang sebelum memasuki atmosfer Pilkada seringkali dimarginalkan. Kegiatan yang mereka katakana sebagai bagian dari sosialisasi tersebut dilakukan dengan harapan mereka akan semakin dikenal dan memiliki citra positif dimata publik. Lebih jauh lagi, tentunya diharapkan akan membuat masyarakat memilih mereka pada saat pemungutan suara digelar. Bahkan upaya-upaya dan membangun simpati publik dan juga afinitas primordial tersebut tidak jarang dilakukan jauh-jauh hari sebelum memasuki tahapan Pilkada.

Personalisasi politik melalui pembangunan citra diri yang positif maupun, mobilisasi opini publik dalam Pilkada boleh-boleh saja terlebih ketika masyarakat semakin dewasa dalam berpolitik. Yang perlu diperhatikan oleh masyarakat pemilih yaitu bahwa dalam memilih figur kepala daerah jangan hanya berdasar pada ketenaran atau popularitas semata, tetapi juga harus diperhatikan track record dan program-program yang ditawarkan para pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Selain itu, masyarakat juga jangan taklid buta terhadap pilihan politik tokoh komunal yang menjadi anutannya. Masyarakat harus mewaspadai adanya manuver atau trik-trik politik berupa pembelian tokoh masyarakat (influential figure buying). Hal ini kerap dilakukan oleh partai politik dan pasangan calon kepala daerahnya karena pemilih tradisional biasanya juga cenderung menentukan pilihan politiknya berdasar apa yang dipilih oleh tokoh komunalnya. Dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Palangka Raya periode 2008-2013 yang akan berlangsung tanggal 10 juli 2008, masyarakat harus semakin dewasa dalm berpolitik dan cerdas dalam memilih karena masa depan Kota Palangka Raya lima tahun ke depan masyarakatlah yang menentukan.

selengkapnya......

Promosi Partai di Cabut

Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menayangkan iklan yang menampilkan berbagai tokoh nasional pada peringatan hari sumpah pemuda lalu. Sejak kemarin, iklan itu resmi dicabut.

“Sudah dicabut sejak kemarin,” ujar Ketua Umum PKS Tifatul Sembiring melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (31/10/2008).

Namun Tifatul membantah, jika pencabutan iklan tersebut karena desakan Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama. Menurut Tifatul, alasan pencabutan tersebut berdasarkan keinginan PKS sendiri.

“Ya kita tarik saja, bukan karena NU atau Muhammadiyah,” jelasnya.

Selain itu, pria berjanggut ini juga menolak jika iklan tersebut dianggap iklan kampanye. Bagi partainya, iklan tersebut dibuat karena ingin memperingati 100 tahun kebangkitan nasional dengan menampilkan tokoh-tokoh nasional.

“Itu bukan iklan kampanye, itu iklan peringatan 100 tahun hari kebangkitan nasional,” pungkasnya.

selengkapnya......

My Ladies Yeuh ...........